- Sejarah HUD
HUDs
pertama berasal dari pandangan teknologi senjata statis untuk pesawat tempur
militer.HUDs memproyeksikan "pipper" untuk membantu meposisikan
sasaran pada senjata pesawat. Seiring berkembang nya jaman HUDs yang sekrang
lebih maju, dan lebih kompleks,dan lebih banyak informasi yang telah
ditambahkan. HUD dapat menampilakan perhitungan jarak tembak meriam, dan dengan
menambahkan informasi pada pesawat seperti menghitung kecepatan udara dan sudut
serangan, sehingga sangat meningkatkan akurasi pilot di udara untuk pertempuran
udara. Sebuah contoh awal dari apa yang disebut sebagai head up display adalah
Sistem Proyektor dari AI udara Inggris Mrk radar VIII intersepsi dipasang ke
beberapa The Haviland Mosquitoo the Fighter, di mana layar radar diproyeksikan
ke kaca depan pesawat bersama dengan tampilan buatan cakrawala, memungkinkan
pilot untuk melakukan interceptions tanpa menenggokan mata mereka dari kaca
depan.
HUD
teknologi yang berikutnya maju dalam Buccaneer, prototipe yang pertama terbang
pada tanggal 30 April 1958. Desain pesawat yang di gunakan untuk melihat
serangan dan akan menyediakan navigasi serta informasi senjata rilis untuk
modus serangan tingkat rendah. Sementara ada persaingan sengit antara pendukung
desain HUD baru dan pendukung The Old Elecktro Mechanical Gunsight, HUD
digambarkan sebagai pilihan yang radikal. The Air Arm cabang dari Departemen
mensponsori pengembangan Sight Strike. The Royal Aircraft Establishment (RAE)
merancang peralatan nya, lalu dibangun oleh Cintel, dan sistem terintegrasi
pertama kali pada tahun 1958. Bisnis pada perusahaan The Cintel HUD diambil
alih oleh Elliott Flight Automation dan HUD Buccaneer diproduksi dan
dikembangkan lebih lanjut terus sampai ke versi Mark III dengan total 375
sistem yang dibuat.
Penggunaan
HUDs kemudian berkembang di luar pesawat militer. Pada 1970-an, HUD
diperkenalkan untuk penerbangan komersial, dan pada tahun 1988, Oldsmobile
Cutlass Supreme menjadi mobil produksi pertama dengan head up display.
1. Head Up Display System
Sebuah
head-up display systems, atau disingkat HUD, adalah suatu tampilan transparan
yang menyajikan data tanpa mengharuskan pengguna untuk melihat dari sudut
pandang biasa mereka. Asal usul nama ini berasal dari pilot yang dapat melihat
informasi dengan kepala “dinaikkan” dan melihat ke depan, bukan memkitang sudut
bawah untuk melihat ke instrumen yang lebih rendah. Meskipun HUD pada awalnya
dikembangkan untuk penerbangan militer, HUD sekarang telah digunakan dalam
pesawat komersial, mobil, dan aplikasi lainnya.
HUD
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1950-an, dengan adanya teknologi
reflektif gunsight pada perang dunia ke dua. Saat itu, tampilan dihasilkan dari
sumber listrik yang diproyeksikan ke sebuah kaca. Pemasangan proyektor itu
biasanya dilakukan pada bagian atas panel instrumen di tengah daerah pandang
pilot yaitu antara kaca depan dan pilot itu sendiri.
Sebagai
contoh adalah sistem proyektor dari angkatan udara Inggris Mrk Radar VIII.
Layar radar diproyeksikan ke kaca depan pesawat bersama dengan cakrawala buatan
yang memungkinkan pilot untuk melakukan interceptions tanpa mengalihkan mata
mereka dari kaca depan. Pada tahun 1950-an, gambar dari reflektif gunsight
diproyeksikan ke sebuah CRT (Cathode Ray Tube) yang dikendalikan oleh komputer
yang terdapat pada pesawat.
2. Type-type HUD
Helmet
mounted displays (HMD) secara teknis memiliki bentuk HUD, perbedaan nya adalah
mereka menampilkan elemen tampilan yang bergerak sesuai dengan orientasi dari
si pengguna helmet tersebut.
Banyak
pesawat tempur modern (seperti F/A-18, F-22, Eurofighter) penggunaan baik HUD
dan HMD secara bersamaan. F-35 Lightning II dirancang tanpa HUD, mengandalkan
hanya pada HMD, sehingga pejuang militer pertama modern tidak memiliki HUD
tetap.
3. Generasi Head Up Display Sistem
Generasi
HUD terbagi menjadi empat generasi, yaitu :
- Generasi pertama (CRT) CRT (Cathode Ray Tube) menampilkan image di layar fosfor, namun teknologi ini tak bertahan lama karena layar fosfor akan menurun kualitasnya dari waktu ke waktu karena mayoritas user sekarang menggunakan monitor mereka setiap waktu (non stop).
- Generasi kedua (LCD) Liquid Crystal Display (Tampilan kristal cair) juga dikenal sebagai LCD adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat banyak sekali titik cahaya (piksel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya namun kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri.
- Generasi ketiga Menggunakan sistem gelombang optic untuk memproduksi image secara langsung di dalam kombinator dan sistem ini lebih baik daripada sistem proyeksi.
- Generasi keempat Menggunakan scanning sinar laser untuk menampilkan image dan bahkan tampilan video kedalam media transparansi tembus cahaya. Teknologi yang lebih baru yaitu micro-display imaging. Teknologi ini sedang dikembangkan, yaitu teknologi dengan tampilan hablur cair yang ramah lingkungan dan hemat energy seperti OLED (organik light-emitting diode).
4. Keunggulan HUD System
Layar
HUD sangat efisien dalam hal konsumsi daya. Daya yang dibutuhkan jauh lebih
kecil daripada layar LCD yang umumnya digunakan dalam perangkat mobile saat
ini. Sebuah head-up display menggunakan sekitar satu mikrowatt power. Head-up
display menampilkan gambar proyek langsung ke retina, mereka menghasilkan
gambar yang tajam dan jelas terlepas dari kondisi pencahayaan eksternal.
Head-up display hanya memakai sebagian kecil perangkat keras dari perangkat
layar konvensional, sehingga memungkinkan perangkat mobile menjadi lebih ringan
dan elegan, seperti permintaan pasar elektronik saat ini. Dengan keunggulan
tersebut, Head-up display sangat berpotensi kuat untuk menggantikan layar LCD
di ponsel, tablet, game portabel, atau bahkan laptop.
5. Contoh Head Up Display System
- Penearapan HUD yaitu bisa dipasang di dashboard antara setir mobil dan kaca depan mobil. HUD akan memproyeksikan gambar yang sepertinya berada sekitar 2 meter di depan kaca mobil. Gambar proyeksi ini tersambung dengan iPhone atau Android phone pengguna via aplikasi favorit seperti Google Maps untuk memberikan petunjuk arah kepada pengguna. Pengguna tidak perlu mengalihkan pandangan ke bawah untuk melihat smartphone atau ke samping untuk melihat ke konsol sentral di tengah dashboard karena gambar proyeksi HUD terletak persis di depan pengendara sehingga pengendara bisa melihat informasi yang diperlukan sekaligus melihat jalan. Teknologi ini sama seperti teknologi yang digunakan pilot untuk mendaratkan pesawat terbang. HUD dipasang di dashboard dan disambungkan dengan on-board computer mobil (semua mobil yang diproduksi sejak tahun 1996 sudah memakai on-board computer). Setelah terpasang, HUD akan memasangkan diri dengan smartphone pengguna via bluetooth dan dikontrol hanya memakai suara atau gerakan tangan tanpa sentuh (gesture). HUD memberikan kemampuan kepada pengemudi untuk menjawab telpon, membalas SMS, dan menanyakan petunjuk arah tanpa menyentuh atau merubah pandangan mata pengemudi.
- Teknologi HUD Pada Kaca Helm. Helm masih terus menjadi perhatian bagi para pengembang teknologi modern saat ini. Jika dulu fungsi utamanya dikenal hanya mampu melindungi kepala pengendara motor dari benturan saat mengalami kecelakaan saja, kini alat keselamatan tersebut sebentar lagi juga akan memiliki fungsi sebagai penyedia informasi dikarenakan adanya teknologi Head-Up Display (HUD) yang telah tertancap di kacanya. Yah teknologi elektronik HUD yang sering dijumpai pada kendaraan seperti pesawat terbang, kapal laut ataupun mobil canggih, saat ini sudah mampu diaplikasikan pada sebuah helm motor, dimana ini telah berhasil dilakukan oleh salah satu perusahaan pembuat helm misalnya Nuviz yang berasal dari San Diego, California.
Dalam
inovasi barunya, Nuviz menanamkan sistem HUD pada sebuah kaca helm berjenis
full face. Sementara untuk sejumlah fungsi pengaturannya, sebuah sistem kontrol
bluetooth juga sudah disediakan untuk ditanamkan pada stang stir motor, kevlar
gloves, maupun smartphone. Dengan teknologi ini, nantinya visior helm akan
mampu menampilkan sejumlah data pada pengendara motor seperti GPS, telemetri,
kecepatan kendaraan dalam bentuk speedometer dan lain sebagainya. Selain itu
teknologi ini juga dirancang mampu menghadirkan sejumlah hiburan seperti musik
dan menampilkan ataupun menangkap gambar.
6. HUD
di Masa Yang Akan Datang
HUD di masa yang akan datang bisa dipasang di
dashboard antara setir mobil dan kaca depan mobil. HUD akan memproyeksikan
gambar yang sepertinya berada sekitar 2 meter di depan kaca mobil. Gambar
proyeksi ini tersambung dengan iPhone atau Android phone pengguna via aplikasi
favorit seperti Google Maps untuk memberikan petunjuk arah kepada pengguna.
Pengguna tidak perlu mengalihkan pandangan ke bawah untuk melihat smartphone
atau ke samping untuk melihat ke konsol sentral di tengah dashboard karena
gambar proyeksi HUD terletak persis di depan pengendara sehingga pengendara
bisa melihat informasi yang diperlukan sekaligus melihat jalan. Teknologi ini
sama seperti teknologi yang digunakan pilot untuk mendaratkan pesawat terbang.
KESIMPULAN
Head
Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data
tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang
biasanya. Dengan adanya Head Up Display (HUD) maka memberikan arah terang ke
sebuah film transparan yang dipasang di kaca depan kita, melayani dalam
memberikan arahan namun tetap berada didalam jarak pandang kita tanpa harus
menoleh dari jalan. Antarmuka yang sederhana menampilkan kecepatan saat ini dan
batas kecepatan, panah penujuk arah, jarak sampai belokan berikutnya dan
perkiraan waktu tiba.
Implementasi HUD pun mudah Layar
HUD sangat efisien dalam hal konsumsi daya. Daya yang dibutuhkan jauh lebih
kecil daripada layar LCD yang umumnya digunakan dalam perangkat mobile saat
ini. Sebuah head-up display menggunakan sekitar satu mikrowatt power
Saat
ini, penerapan HUD ada pada Google Glasses, yang berfungsi seperti kacamata
Arnold Schwarzenegger dalam film Terminator. Gadget ini dapat menampilkan data
dan informasi yang diinginkan di layar kacamatanya. Intinya, kacamata pintar
dan futuristik ini nantinya mampu menyajikan semua layanan yang dapat diberikan
oleh sebuah smartphone, seperti berselancar di internet atau melakukan sesuatu
yang berkaitan dengan pesan teks atau email tanpa mengangkat jari.
Meskipun
mereka pada awalnya dikembangkan untuk penerbangan militer, HUDs sekarang
digunakan dalam handphone, mobil, dan aplikasi lainnya. Seperti halnya General
Motors yang mulai mengembangkan Head Up Display berteknologi Laser. Dengan
inovasi ini pengemudi tak akan lagi menemukan kendala penglihatan pada kondisi
gelap, hujan bahkan berkabut sekali pun. Inovasi yang menurut GM tak akan lama lagi
diproduksi ini, memiliki dampak besar pada keselamatan karena mampu memandu pengemudi saat berada di jalan bahkan
dalam kondisi hampir mustahil untuk melihat dengan mata telanjang. Hal ini
dimungkinkan berkat penggunaan sensor dan kamera yang mengumpulkan informasi
untuk diproyeksikan ke kaca depan menggunakan laser ultra violet kecil.
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Head-up_display
http://gogopratamax.blogspot.co.id/2012/10/head-up-display-hud_3.html
http://ulfahsoftskill.blogspot.co.id/2014/10/tugas2temake-3head-up-display-sistem.html
http://princessglad.blogspot.co.id/2014/10/head-up-display-hud-system.html
http://sanggamtogatorop.blogspot.co.id/2014/11/teknologi-yang-terkait-interface.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar